KubisMagz : Buletin Mafia Kubis

Krisik, tak banyak orang yang mengetahui letak dusun ini. Dusun ini merupakan salah satu dusun yang berada di Desa Kebonagung yang merupakan bagian dari Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Terletak di bagian timur Kabupaten Magelang yang merupakan bagian dari Gunung Merbabu. Sebagaimana layaknya sebuah daerah yang berada di lereng gunung, dusun kecil ini memiliki keindahan alam yang cantik. Pepohonan masih terlihat rimbun, sawah hijau membentang luas, dan udara yang segar menyelimuti tempat ini. Penduduk dari dusun ini sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani.

Dusun ini memang cukup jauh berada dari jantung Kota Magelang, sekitar 20 km dari pusat kota. Namun, dusun ini mempunyai banyak potensi alam yang dapat menjadi sumber pendapatan daerah dan yang tak kalah lagi adalah sumber daya manusianya. Jumlah anak-anak yang tinggal di dusun ini bisa terbilang cukup banyak. Hal tersebut menjadi sebuah potensi tersendiri bagi masyarakat desa di masa mendatang. Sebuah harapan bagi desa tersebut untuk mengembangkan desa agar menjadi lebih maju.

Adalah MAFIA KUBIS, sebuah komunitas yang terbentuk sejak 3 Oktober 2010 dan bergerak di bidang pendidikan non-formal khususnya untuk anak-anak. Komunitas ini datang dan memberikan pelajaran bagi anak-anak di Kampung Krisik, mulai dari pelajaran tentang alam, tentang kesenian, bahkan pelajaran tentang kesehatan pun kerap diberikan dalam kegiatan-kegiatan yang Mafia Kubis lakukan.

Selama lebih dari dua tahun ini Mafia Kubis belajar dan berbagi bersama adik-adik di Kampung Krisik. Sudah banyak pelajaran yang diberikan oleh Pasukan Kubis (Volunteer) bagi adik-adik dan selama itu pula kegiatan dari Mafia Kubis tidak banyak diketahui orang. Bergerak dari alasan tersebut, Mafia Kubis akhirnya membuat sebuah wadah yang berisi tentang informasi kegiatan dari Mafia Kubis. KubisMagz, sebuah buletin yang terbit bulanan ini mulai diperkenalkan pada bulan Maret ini. Edisi perdana ini memuat tentang kegiatan yang dilakukan oleh Mafia Kubis selama bulan Februari. Kegiatan tersebut adalah pemutaran film, kegiatan menyablon, dan belajar tentang alam. Tak hanya liputan tentang kegiatan Mafia Kubis yang dimuat dalam buletin ini, tetapi tulisan dari adik-adik pun ikut dimuat sebagai salah satu cara untuk mengapresiasi apa yang sudah adik-adik lakukan selama belajar di Mafia Kubis.

Dari Mafia Kubis untuk Dunia. KubisMagz.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s