Low Cost Traveling Journal

Alhamdulillah, akhirnya jurnal perjalanan 6 hari ini rampung juga. Perlu kerja keras untuk merampungkan jurnal ini. Curi-curi waktu luang di antara ketatnya penulisan skripsi. Alhamdulillah skripsinya bisa selesai juga, tinggal menunggu jadwal sidang pendadaran.

Jurnal ini merupakan rangkuman perjalanan selama 6 hari di Jawa Barat, mulai dari Kota Bandung, kemudian ke Cianjur, dan di akhiri di Sukabumi. Di Bandung kami menikmati Kota Bandung dengan segala hiruk pikuknya. Angkot yang kejam, jalanan yang macet, dan mojang-mojang Priangan yang aduhai.

Perjalanan berikutnya adalah menuju sebuah situs megalitikum di Cianjur. Kami bergerak dengan menggunakan kereta api bertiket Rp 1.500 per orang yang kemudian kami lanjutkan dengan menyewa angkot lokal. Tempat ini begitu luar biasa, hamparan batu yang berserakan menjadi saksi perubahan dunia selama ribuan tahun.

Di Sukabumi kami menjelajahi pantai-pantai di sepanjang Palabuhan Ratu yang kemudian di hari berikutnya kami menuju Situ Gunung yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Akhir perjalanan kami lalui dengan trekking dari Situ Gunung menuju Curug Sawer. Kami melewati hutan yang masih sangat terjaga di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Perjalanan ini saya lalui bersama teman-teman yang luar biasa, fotografer handal, penghibur ulung, penebar tawa profesional. Mereka adalah Romdhona Prianto (@shiromdhona), Kurniawan Adi Nugroho (@adi__nugroho), Suprapti (@andspero), dan Tambah Hari Prasetyo (@tambahprasetyo).

Jurnal bisa di unduh secara gratis, baca gratis, cetak sendiri kalo mau. hehehe.. silakan menikmati!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s